Pintar Komputer dot Net | Simulasi Digital | Kelas Maya | Sistem Komputer | sistem Operasi Komputer | Perangkat Keras Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Indihome | Wifi id Gratis | Perangkat Komputer | Pengertian Internet | Manfaat Internet | Pengertian Komputer

Jumat, 12 Agustus 2016

Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya

Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya - Sebuah memori komputer dapat dilihat sebagai daftar sel menjadi yang nomor dapat ditempatkan atau membaca. Setiap sel memiliki "alamat" nomor dan dapat menyimpan satu nomor. komputer dapat diinstruksikan untuk "menempatkan nomor 123 ke dalam sel nomor 1357" atau "menambah jumlah yang ada di sel 1357 ke nomor yang ada di sel 2468 dan dimasukkan jawabannya ke dalam sel 1595.  Pengertian Jaringan WAN Kelebihan dan Kekurangannya

Informasi yang tersimpan dalam memori dapat mewakili praktis apa pun. Huruf, angka, bahkan instruksi komputer dapat ditempatkan ke dalam memori dengan mudah sama. Karena CPU tidak membedakan antara berbagai jenis informasi, adalah tanggung jawab perangkat lunak untuk memberikan makna apa memori yang dilihat sebagai apa-apa melainkan serangkaian angka. 

Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya


Di hampir semua komputer modern, setiap sel memori diatur untuk menyimpan bilangan biner dalam kelompok delapan bit (disebut byte ). Setiap byte dapat mewakili 256 nomor yang berbeda (2 8 = 256); baik dari 0 sampai 255 atau -128 untuk 127. Untuk menyimpan nomor yang lebih besar, beberapa byte berturut-turut dapat digunakan (biasanya, dua, empat atau delapan).Ketika angka negatif yang diperlukan, mereka biasanya disimpan dalam dua ini melengkapi notasi. 

Pengaturan lain yang mungkin, tetapi biasanya tidak terlihat di luar aplikasi khusus atau konteks historis. Sebuah komputer dapat menyimpan segala jenis informasi dalam memori jika dapat direpresentasikan secara numerik. komputer modern memiliki miliaran atau bahkan triliunan byte memori.

CPU berisi satu set khusus dari sel memori yang disebut register yang dapat dibaca dan ditulis untuk jauh lebih cepat daripada daerah memori utama. Ada biasanya antara dua dan seratus register tergantung pada jenis CPU. Register digunakan untuk item data yang paling sering dibutuhkan untuk menghindari keharusan untuk mengakses memori utama setiap data time yang dibutuhkan. Sebagai data terus-menerus bekerja, mengurangi kebutuhan untuk mengakses memori utama (yang sering lambat dibandingkan dengan ALU dan control unit) sangat meningkatkan kecepatan komputer.

RAM dapat dibaca dan ditulis ke kapan CPU perintah itu, tapi ROM dimuat dengan data dan perangkat lunak yang tidak pernah berubah, karena CPU hanya dapat membaca dari itu. ROM biasanya digunakan untuk menyimpan awal instruksi start-up komputer. Secara umum, isi dari RAM akan terhapus ketika kekuatan untuk komputer dimatikan, tapi ROM mempertahankan data tanpa batas.

Dalam PC, ROM berisi program khusus yang disebut BIOS yang orchestrates loading komputer sistem operasi dari hard disk drive ke dalam RAM setiap kali komputer dihidupkan atau reset. Dalam komputer tertanam , yang sering tidak memiliki disk drive, semua perangkat lunak yang diperlukan dapat disimpan dalam ROM. Software disimpan dalam ROM sering disebut firmware , karena notionally lebih seperti hardware dari perangkat lunak. 

Flash memory mengaburkan perbedaan antara ROM dan RAM, karena mempertahankan data ketika dimatikan tetapi juga ditulis ulang. Hal ini biasanya jauh lebih lambat dibandingkan ROM konvensional dan RAM bagaimanapun, jadi penggunaannya dibatasi untuk aplikasi di mana kecepatan tinggi yang tidak perlu. 

Pada komputer yang lebih canggih mungkin ada satu atau lebih RAM Cache kenangan , yang lebih lambat dari register tetapi lebih cepat dari memori utama. Umumnya komputer dengan semacam ini cache dirancang untuk memindahkan data sering dibutuhkan ke dalam cache secara otomatis, seringkali tanpa perlu untuk setiap intervensi pada bagian programmer.  
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar